Wednesday 23 January 2013

Ada apa di Malam Minggu Miko ?

Mungkin yang suka ngikutin
Twitter atau blognya Raditya Dika,
udah pada gak asing sama film
pendek yang dibuat do'i yang
awalnya cuman untuk iseng-iseng
di upload di youtube. Ya, malam
minggu Miko. Sebuah projek iseng
yang sekarang udah ada di Kompas
tv itu menurut gue adalah sebuah
film pendek yang paling gokil. Gue
udah banyak liat film pendek
Indonesia di youtube yang gokil,
tapi nyatanya gak separah dan
seterencana Malam Minggu Miko
buatan Raditya Dika dan kawan-
kawan ini. Gara-gara Malam Minggu
Miko, gue jadi punya tontonan
wajib setiap senin malem jam
delapan. Gue sampe bisa nunda
mandi gara-gara Malam Minggu
Miko ini. Nah, apa sih yang buat tuh
film pendek menarik?
1.Penentuan Judul & Tema
Judul yang pas dimana Raditya
Dika memilih Malam Minggu sebagai
fondasi awal menurut gue penting.
Ya, malem apalagi coba yang
banyak di inget mayoritas orang.
Pilihannya cuman dua, malem jumat
sama malem minggu. Kalau Raditya
Dika ngambil malem jumat, gue
yakin pasti jadinya horor dan
dikhawatirkan akan menunjukkan
keerotisan paha beserta dada
Raditya Dika, kan bahaya tuh buat
kesehatan penonton. Tema Malam
Minggu yang gokil yang selalu
dilewati Miko, Rian dan
pembantunya Anca menjadikan film
pendek ini punya sesuatu yang
berkarakter.
2. Akting
Kalau ini sih tergantung penonton.
Tapi menurut gue, akting yang gak
kayak akting buat Malam Minggu
Miko semakin ciamik. Kita bisa
dengan mudah ngerti maksud dari
scriptnya dengan cuman liat
ekspresi-ekspresi dari tiga tokoh
utama itu. Semua berasa
tersampaikan dengan mulus.
Emang sih ada beberapa momen
yang agak kurang, tapi overall
tetep ngena. Aktingnya menurut
gue bisa menyampaikan ke
penonton dengan jelas gimana
karakter setiap tokohnya.
3. Tokoh Yang Berkarakter.
Ada tiga tokoh utama di Malam
Minggu yang menurut gue mereka
berkarakter. Miko, Rian dan
pembantunya Anca ini sebenernya
sama-sama bego tapi cuman di
momen-momen tertentu. Tokoh
Miko bisa dibilang rada polos dan
rada bego. Setiap pengen nembak
cewek, si Miko pasti minta saran
Rian. Nah, inilah fungsinya si Rian.
Dia tokoh yang "agak" lebih pinter
dari Miko, tapi semua sarannya dan
apa yang dilakuinnya sebenernya
gak ada yang beres juga. Terakhir
pembantu si Mas Anca, di liat dari
aktingnya, udah jelas dia pembantu
yang polos abis tapi setia banget
sama majikan. Ada lagi tokoh
tambahan berupa kucing yang
bernama Morganissa sih, tapi itu
cuman tambahan. Tapi sumpah tuh
kucing lucu banget dah.
4. Pemilihan Kalimat.
Salah satu bumbu yang buat
Malam Minggu Miko menarik adalah
pemilihan kalimat yang menurut
gue kebanyakan merupakan
kebalikan dari fakta yang
sebenarnya. Contoh ada episode
dimana si Rian ngomong: "Gue sih
gak masalah karena Miko itu emang
banyak kelebihannya, kayak.... emm,
kayak.. Nelen panadol gak pake air
itu kelebihan bukan?", terkadang
kalimat ambigu juga di selipin kayak
omongan mas Anca: "Mumpung di
Jakarta, saya yakin saya bakal
banyak ketemu orang besar, yang
biasa saya liat di tipi, kayak Mbak
Julia Perez," pilihan-pilihan kalimat
gitu banyak kita temui di malam
minggu Miko dan semuanya
menurut gue gak garing.
5. Flashback.
Flashback atau kilas balik sebuah
cerita adalah unsur yang paling
banyak ada di Malam Minggu Miko.
Menuru gue menyelipkan sebuah
flashback sekilas di film pendek
adalah ide yang pintar. Gak banyak
orang yang menyelipkan flashback
di film pendek buatannya. Contoh
waktu si Miko ngomong sama Rian:
"Yan, sebenernya gue punya firasat
buruk deh, itu kan mobil gue
mogok, tadi pagi bulu mata gue
rontok tiga."
"Kenapa sih labil banget..."
"Bukannya labil, tapi kan, gue
punya firasat buruk aja entar kalo
gue nembak Sasha kalo gue liat
mukanya terus gerogi gimana?"
"Kita kan udah latihan kursus
ngajak ngobrol Sasha, gimana..."
Terus setelah conversation itu ada
flashback si Miko latihan ngobrol
sama Sasha lewat foto Sasha yang
di tempel di buah pepaya. flashback
kayak gitu salah satu unsur yang
gue suka di Malam Minggu Miko.
6. Tokoh Cewek.
Satu lagi yang buat Malam Minggu
Miko gak ngebosenin dan itu
khusus buat cowok adalah
ceweknya selalu ganti-ganti di tiap
episodenya. Dan bahkan sekarang
kalo gak salah gue liat di twitt-nya
Raditya Dika, dia lagi nyari pemain
cewek yang good looking buat
Malam Minggu Miko ini. Ya,
ceweknya bening-bening banget
dah.
7. Kejadian Yang Saling Terhubung.
Yang gue salut di film pendek yang
cuman berdurasi 9-12 menitan, tim
scriptwritingnya selalu sukses
menghubungkan dua bahkan lebih
kejadian dalam satu episode tapi
tetap bermuara pada tema intinya.
Contoh, dimana ada episode si Miko
abis beli banyak baju bola karena
bokap ceweknya suka bola. Pada
saat itu si Miko memutuskan pake
baju Liverpool. Pas jalan sama Rian,
mereka ngelewatin kawasan 3 in 1.
Jadinya mereka cari joki dulu. Joki
udah ketemu sialnya si Joki mabuk
darat, terus minum obat pemberian
Miko tapi si Joki minum obatnya
overdosis jadi ketiduran di mobil.
Gak sempet nurunin si Joki karena
udah mepet ke tempat si gebetan,
jadinya si Miko sama Rian gantiin
baju si Joki yang udah bau sama
kaos bola Manchester United. Pas
sampe di rumah gebetannya itu,
ternyata si bokap gebetan fansnya
Manchester United dimana itu
adalah klub musuh bebuyutannya
Liverpool, baju yang di pake Miko.
Sejak saat itu, si joki itulah dikira si
Miko sama bokap gebetannya Miko.
Ketujuh poin di atas menurut gue
merupakan faktor-faktor yang
ngebuat film pendek Malam
Minggu Miko yang dibuat Raditya
Dika cs jadi sebuah film pendek
bergenre komedi yang gak
ngebosenin. Kekuatan akting dan
script yang disajikan dalam 9
sampai 12 menit bener-bener
negbuat tuh film pendek punya
karakter yang kuat yang bisa buat
orang ketagihan. Buat yang belum
tau (rasanya udah pada tau semua)
bisa dilihat di saluran tipi lokal yang
ada kompasnya setiap senin jam 8
malem, di youtube juga ada di
upload beberapa hari setelah
ditayangin di tipi sama akun
Raditya Dika (gak tau yang upload
beneran Raditya Dika langsung apa
bukan). Setidaknya Malam Minggu
Miko itu ngajarin gue, selama lo
punya kreatifitas yang positif, lo
bisa hidup men!! Dari sebuah projek
iseng, Malam Minggu Miko jadi
sebuah tontonan yang disaksikan
oleh berjuta pasang mata.
Ralat: Point nomor 5 itu bukan
flashback tapi Cutaway. Gue tau
setelah baca salah satu komentator
di bawah gak tau siapa. Thank's
atas pengetahuannya ya Anonim.
Buat yang pengen tau cutaway itu
apa, ada linknya yang dibuat
komentator yang namanya Anonim
dibawah, cari aja.

No comments:

Post a Comment